22 comments

  1. Assalamualaikum salam kenal saya dari Yogyakarta, salam persahabatan dan silahturahmi, semoga terjalin lewat media sosial ini , semoga sukses selalu dan banyak pembaca yang dapat menimba ilmu dari website ini terima kasih.

  2. Hey man I just wanted to cry gratitude instead of bringing time to create something worth reading . I am all over the internet then I find out so much pointless articles that stays specifically made for the sake of putting anything new on their site . It takes devotion to make great stuff, gratitude for fear.
    Redster Doubledeck 3.0 SL

  3. Untuk para pembaca yang terhormat,saya ingin menyampaikan cerita dari org tua ku dan kakek ku yang di beritahukan kepada saya tentang perihal sejarah singkat kesultanan aceh yang akhir 1500 .dan kesultanan aceh akhir 1874.

    Jikalau ada kesalahan maaf kan saya. Saya hanya ingin menyampaikan yang terpendam kepada ahli sejarah aceh yang saya hormati.

    Tengku chik reubee lahir di cerebon anak yang di kalam atau hikmah yang diucapkan oleh nabi khidir dan sunan gunung jati(beliau juga dari aceh) di rahim puteri chempa yang ada kaitan dengan turunan dari kerajaan chermin (para org tua wali sembilan atau wali 7, spt jamaluddin alqubra atau zainal abidin alam, syech mahamud barubasha empayar chermin jeddah(raja pasai,perlak,kedah,langkasuka dan chermin, syech saman adinda jamaludin qubra,mempunyai putra sulttan mesir bernama syech maulana abdullah mahmud ayahanda gunung jati.

    Tengku chik reubee waktu di jawa bernama syech maulana mansyuruddin, meninggalkan jawa kerana konflik keluarga pergi ke bugis, dan mengislamkan raja bugis.dengan tantangan dari raja bugis untuk menyelam di dalam air, siapa yang terlama dialah yang akan menang, ternyata tgk chik reubee yang menang.dan menikah dgn anak raja bugis dan beliau mendapat gelar daeng mansur, settelah itu beliau berhijrah ke tanah melayu menjadi sultan perak,dan ke aceh menjadi sultan alaidin mansyursyah, terjadi keributan di isttana krn org dr luar aceh menjadi sulttan, beliau di racun,kebanayakan mrk berfikir mati, namun beliau sembuh dan pergi mekkah dan mendapat petunjuk utk kembali lagi ke aceh.menyamar menjadi ulama di daerah pasi dan dgn gelar tgk chik di pase.kerana banyak yang kagum akan ilmunya , ikan di makan tulang kena air hidup kembali dan begitu juga ayam.beliau menutupi sejarah tgk chik di pase seolah meninggal dan tinggal di daerah reubee.atau tgk chik di reubee.menjadi guru ulama, org2 bugis mendengar beliau di reubee, dan mrk juga ikut ke reubee, dan mrk memanggilnya tgk chik di bugis, dan para ilmuan yang keramat memanggilnya syech mahamud.yang akhirnya beliau ghaib dan jubah yang di makamkan di kuburan saat ini di makam tgk chik di reubee .sebab ittu ramai org bugis berhijrah ke aceh 500 tahun dahulu.

    Kalau sejarah sultan alaidin mahmudsyah 1874, didalam buku sejarah bahwa sultan mahmud sudah meninggal krn kolera,
    Namun cerita yang saya dapat adalah, memang benar mahmudsyah terinfeksi kolera. Dan selama 6 bulan dlm keadaan nazak, namun akhirnya sembuh beliau juga mengatakan mendapat petunjuk dr allah swt.dan
    Beliau berangkat ke jeuram bersama ulebalang yang khusus menjaga masakan di dapur.
    Setelah sampai di jeuram , sultan memberi pesan dgn para pengikutnya bahwa jgn mengikuti ku dan aku akan kembali.beliau menyamar sebagai pedagang danmeninggalkan kebesaran dan semua peralatan di jeuram kecuali batu tahta dan keris kesultanan aceh.beliau ke bukit tinggi dan pagar ruyung dan menikah di situ dan tdk punya anak. Dan hijrah ke sumara hingga palembang dan ke tanah jawa, sulawesi,tanah melayu membantu sultan selangor melawan inggris di bukit malawati dan setelah itu ke kedah dan ke mekah.
    Beliau juga mendapat petunjuk dan kembali ke aceh, sekembalinya ke aceh, beliau kecewa krn para ule balang daerah banyak di angkat oleh belanda dan sifat juga udah jadi belanda dan beliau menuju ke istana, yang waktu itu adik sepupu beliau sultan alaidin mohammad daudsyah , dan terjadi bentrokan,internal,yang menyangka ingin menjadi sulttan kembali, namun sebenarnya tidak hanya menyampaikan pesan penting.namun salah tanggap, terjadi tumpah darah di dalam istana.mahmudsyah sedih meninggalkan mohamad daudsyah , beliau solat dan minta peunjuk.di kuala kreung peusangan terjadi kata sumpah antara nyata dan ghoib, keris kesultanan di simpan di pohon meranti yang hingga saat ini masih ada,dan batu tahta dibuang di kuala kreung peusangan dgn kata, pabila batu ini timbul di air maka sumpah ini tdk akan terjadi,kalau tenggelam, aceh tidak akan aman sampai kiamat, yang alim cukup sekadar makan dan yang kaya lupa akan tuhannya,kecuali cucuku sepertiku,darah sepertiku dan ilmu sepertiku yang akan bisa menetralkan kembali.setelah itu beliau ke meurdu menetap disitu, melahirkan anak beliau tuanku saleh, cucu beliau tuanku hasyim,krn kondisi tdk aman beliau membawa saleh dan hashim ke penang dan yan kedah membuka lahan untk tanam karet, sleh menjadi ulama besar di yan dgn nama lebai saleh, banyak org2 aceh belajar di yan kedah, hashim walau sempat ke kuala simpang beliau juga kembali ke yan dan menjadi ulama besar atau imam mesjid di parit buntar dan di yan, beliau dekat dgn tuanku abdul rahman spt adik beradik (saudara) beliau nikah 2 x krn yang pertama meninggal. Istri pertama. Punya anak dua (hassan dan safiah) istri kedua punya putra 3 dan putri 2, putra pertama bernama syech ahmad, atau tuanku hj ahmad hashim.menetap di chianjur dan jakarta hingga wafat di chianjur .saya nak beliau,saya hanya ingin sampaikan ke para pembaca bahwa sultan mahmudsya tdk wafat dan makamkan di samahani ,itu saudaranya yang sakit kolera juga. Beliau ghaib juga di pulau besar melaka. Saya hanya menyampaikan sejarah siingkat. Sekian terima kasih.
    Sulaiman

    • Saya juga sudah lama tak berkunjung dan meninggalkan jejak di OWL, semoga dengan kesibukan yang kita miliki, tak membuat kita lupa untuk bersilaturahmi ke blog masing-masing. 🙂

  4. tnx ya dh berkunjng…….file yg kemarin di download g’ sy protect ko……u membukax pilih ja yg read only………pasti kebuka deh…….lam kenal x……..


Leave a comment