Yang Terjadi Bila Tak Sengaja Menelan Permen Karet?


Seven Years?

Permen karet dipasarkan bukan untuk ditelan tapi terkadang bisa tidak sengaja tertelan, terutama pada anak-anak. Lantas apa yang terjadi bila permen karet tak sengaja masuk ke dalam tubuh?

Ada mitos yang sering digunakan untuk menakuti anak-anak, yang menyebutkan bahwa menelan permen karet dapat membuatnya tetap berada di dalam usus selama 7 tahun sebelum akhirnya dicerna. Sebuah kisah menakutkan bahkan menceritakan bahwa permen karet yang tertelan bisa membungkus jantung dengan sendirinya. Benarkah demikian?

Permen karet sebenarnya terbuat dari karet dasar, pemanis, pewarna dan penambah rasa. Karet dasar yang mudah dicerna biasanya terbuat dari campuran elastomer, resin, lemak, emulsifier dan lilin.

Perut memang tidak dapat memecah permen karet sebagaimana yang dilakukan terhadap makanan lain. Namun sistem pencernaan memiliki cara lain untuk menangani benda-benda yang Anda telan.


Usus akan terus bergerak dan menggerakkan permen karet hingga membuatnya melewati usus dan keluar dari ujung sistem pencernaan, seperti dilansir Dailymail, Selasa (11/9/2012).

Jadi, permen karet bisa berakhir di kamar mandi satu atau dua hari kemudian. Meskipun permen karet lengket, tapi biasanya tidak bisa mengalahkan kekuatan yang dimiliki usus.

Air ludah akan berupaya mencerna permen karet segera setelah benda lengket itu dimasukkan ke dalam mulut. Meskipun yang dicerna kebanyakan adalah pemanis dan tambahan lainnya, tapi banyak juga bahan dasar permen karet yang ikut dicerna.

Kemudian permen karet akan turun ke otot perut, yang berkontraksi seperti gerakan cacing tanah, yang kemudian perlahan-lahan memaksanya melewati sistem pencernaan.

Namun permen karet bisa berbahaya bila yang tertelan dalam jumlah banyak atau dalam ukuran yang besar dan dalam waktu yang singkat.

Kondisi ini bisa menyebabkan penyumbatan dalam sistem pencernaan, yang paling sering terjadi pada anak-anak karena saluran pencernaannya berdiameter kecil. Tapi kasus tersebut sangat jarang terjadi.

Jadi apa yang harus dilakukan bila tidak sengaja menelan permen karet?

  1. Segera minum air putih yang banyak. Hal ini menghindari agar permen karet tidak menutup kerongkongan yang menyebabkan tersedak, terutama pada anak-anak.
  2. Untuk cepat mengeluarkan permen karet dari tubuh, juga bisa dibantu dengan makanan. Makanan akan membantu mendorong permen karet sehingga gerakan peristaltik dari usus semakin cepat mengeluarkannya dari tubuh.

http://health.detik..com/read/2012/09/11/110053/2014456/763/yang-terjadi-pada-tubuh-bila-tak-sengaja-menelan-permen-karet?l992203755


17 comments

  1. Dulu waktu kakakku masih kecil dia gk sengaja nelen permen karet ,, dulu kakakku sehat sekali.. Namun semenjak hal ktu terjadi kakakku menjadi sakit2an, sekarang umurnya sudaah 24 th. Kasihan saya lihat kakakku yg selalu sakit dibagian perut. Ciri2 sakitnya dia slalu sering muntah2, kuruuus bgd (padahal kami sekeluarga gendut2),, sering pusing dan pusing’a gk sembuh2, udah sering kluar masuk RS juga .. Hemm semoga sehat slalu kakakku amiin

  2. aku juga sering n sengaja nelen permen karet pas masih kecil tapi sampe umur saya 26 gk ad efek ap2.,ap kalian aj yg mau d bodoh bodohin,….hahahahahahahahahaha

  3. aku baru aja 3 hr lalu ketelen permen karet. untung aja gapapa, tp yg paling kocak, waktu aku masi kecil kan ada gigi yg copot, eh malah ketelen juga -_- , kalo gigi yg ketelen gmn yah gan?

  4. saya juga pernah tidak
    sengaja menelan permen
    karet saat masih kecil,
    sepupu yang
    mengetahuinya kemudian
    menakut-nakuti saya… dan
    dia berhasil membuat saya
    ngeri…

  5. Aku dulu juga pernah sih.. 3 sekaligus.. Tapi, langsung aku muntahin.. Itu peristiwa waktu kelas 3 SD, waktu itu aku ketakutan bgt. Namun, sampai sekarang enggak ada efek yang berkaitan dengan itu..

  6. ank w nelen permen karet sampe tersendak tenggorokn……x ini w g bakal ksih anak w permen karet lg,lbh baik dia nangis…..maf kn mamah nak,,,,

  7. Thanks banget gan… aku smlm makan permen karet trus gk sengaja aku ketiduran… nah pas aku tidur nih kan aku ngerasa kayak ada kesat” gtu aku ingetnya permwnnya ud di buang… namanya lagi mimpi.. jd aku paginya pas bangun, aku teringat aku smlm makan permen karet.. jd aku liat ke kaca kan… tp pas aku liat yg ada cuma warna permen karet itu doang… apa itu permen karet udh meleleh di mulut atau ud ketelen pun aku gtw….tpi untungnya tdk dalam jumlah byk.. hanya 1 aja


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s