Mengenal Jenis Kiosk


Kios di Indonesia diidentikkan sebagai ruangan kecil tempat berjualan. Dalam kamus besar bahasa Indonesia “Kios” adalah “Toko Kecil”. Di luar negeri istilah Kiosk diambil untuk menggambarkan ruang kecil (Booth) dengan jendela terbuka untuk melayani konsumen (pengguna).

Ada beberapa jenis kios yang dikenal, berikut diantaranya:

Interactive Kiosk, umumnya merupakan ruang kecil yang menyediakan akses informasi melalui metode elektronik berupa perangkat komputer. Orang yang ingin mendapatkan informasi bisa mencarinya sendiri dengan mengoperasikan komputer tersebut. Interactive Kiosk umumnya tanpa dilengkapi kursi. Interactive Kiosk umumnya ditempatkan di sekitar trotoar yang padat pejalan kaki atau lobi hotel dan bandara.

Telekiosk, kita akan menunjuk jenis kios ini pada telepon umum yang diletakkan di ruang kaca. Ya, itu memang salah satu yang paling populer dan merupakan cikal bakal Telekiosk yang fungsinya berbeda sekarang. Di luar negeri Telekiosk tak cuma melayani telepon umum, dengan dengan berkembangnya internet di Telekiosk juga disediakan untuk melayani E-Mail, fax, dan SMS.

Telephone Kiosk, telepon umum dalam ruang kaca (Booth).

Financial Service Kiosk, yang paling gampang jenis kios ini adalah ATM (Automatic Teller Machine) yaitu kios interaktif untuk melayani nasabah. Nasabah bisa melakukan sendiri aneka transaksi yang diinginkannya mulai dari mengambil uang, transfer dana, dan pembayaran-pembayaran lain.

Photo Kiosk, adalah kios interaktif untuk melayani pelanggan fotografi. Ada dua jenis Photo Kiosk yaitu Digital Order Station dan Instant Print Station. Digital Order Station adalah Photo Kiosk yang hanya melayani penyerahan order pencetakan foto. Pelanggan harus mengambil pesanan cetakannya kemudian. Sedangkan, Instant Print Station adalah Photo Kiosk yang melayani pencetakan foto secara instant.

Internet Kiosk, booth yang melayani akses internet secara instant. Umumnya mirip dengan booth telepon umum dan ditempatkan di lobi hotel atau bandara. Fungsinya untuk mengakses internet. Banyak diantaranya yang gratis, tetapi banyak pula yang baru bisa digunakan jika sudah membayar sejumlah uang tertentu seperti di Vending Machine.

Ticket Kiosk, adalah semacam mesin ATM yang khusus melayani penjualan aneka tiket secara interaktif. Ini berbeda dengan Ticket Box dimana Ticket Box pelanggan dilayani oleh staf penjualan ticket.

Vending Kiosk, adalah terminal yang melayani pembelian secara langsung. Di Eropa Vending Kiosk antara lain menyediakan penyewaan DVD yang dibayar melalui kartu kredit. Untuk jenis ini Vending Kiosk tak memerlukan penjaga karena mesin beroperasi secara langsung (mirip ATM). Sama dengan Vending Machine di Jepang yaitu mesin otomatis penjualan makanan dan minuman ringan -konsumen memasukkan uang uang sesuai harga barang yang dipilih, setelah itu barang yang dipesan akan keluar sendiri dari mesin. Tetapi ada juga Vending Kiosk makanan seperti yang dikembangkan McDonald untuk melayani konsumen secara Take Away (beli, lalu bawa pergi), modelnya seperti kios rokok di Indonesia.

Building Directory Kiosk dan Wayfinding Kiosk, adalah perangkat interaktif yang diletakkan di lobi gedung (seperti rumah sakit) untuk memudahkan pengunjung menemukan ruang yang dicarinya seperti mencari ruang dokter di rumah sakit.


One comment


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s