AMDAL Pembangunan Best Western Hotel di Banda Aceh Sudah Terbit


Banda Aceh – Pemerintah Aceh akhirnya menerbitkan analisa mengenai dampak lingkungan (AMDAL) yang diajukan PT Jakarta Intiland untuk pembangunan Best Western Hotel dan Mall di Banda Aceh.

“AMDAL sudah terbit, tinggal hanya perbaikan redaksi pada dokumennya, dan saat ini sedang disusun kembali oleh konsultan,” kata Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bappedal) Provinsi Aceh Husaini Syamaun di Banda Aceh, Sabtu.

Hotel berbintang berlantai 14 dengan ketinggian 42 meter akan dibangun di Banda Aceh yang lokasinya dibekas Geunta Plaza atau tepatnya 300 meter sebelah tenggara Masjid Raya Baiturahman.

Dijelaskannya, hasil rapat tim komisi sudah memutuskan untuk mengeluarkan dokumen AMDAL pembangunan hotel dan mall tersebut, dikarenakan hal tersebut sudah sesuai.

“Semua persyaratan sudah dipenuhi dan berdasarkan kajian tim komisi maka diputuskan untuk menerbitkan dokumennya,” katanya.

Sementara itu, Representatif PT Intiland Jakarta Safuan Yusuf menyatakan pihaknya sangat memberikan apresiasi kepada komisi AMDAL dan juga Pemerintah Aceh yang sangat mendukung keberadaan hotel dan mall tersebut.

“Insya Allah setelah adanya dokumen AMDAL ini, izin mendirikan bangunan (IMB) akan segera diterbitkan oleh Pemkot,” jelasnya.

Menurutnya, dengan telah dipenuhinya persyaratan untuk pembangunan hotel dan mall tersebut, pihaknya akan segera melakukan proses rekonstruksi.

“Kami akan segera melaksanakan rekonstruksi, dan kami perkirakan pembangunan hotel dan mall tersebut akan membutuhkan waktu satu tahun,” tukasnya.

Pemko Banda Aceh sudah menyetujui izin prinsip pembangunan Hotel Best Western dan Mall di areal dekat Masjid Raya Banda Aceh.

Pembangunan hotel dan mall yang menelan investasi Rp200 miliar akan menggunakan konsep Islami dan nantinya akan dibangun jembatan penghubung dari mall ke Masjid Raya Baiturahhaman.(ant)


One comment


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s