Apa Itu Ventriloquisme?


Pendahuluan

Ventriloquisme adalah seni berbicara tanpa menggerakkan bibir. Berasal dari kata venter yang berarti perut, loqui yang berarti berbicara, dan ism yang berarti ilmu atau faham, ventriloquisme sering pula diartikan sebagai ilmu atau keterampilan berbicara dari perut.

Orang yang dapat menggunakan ventriloquisme disebut sebagai ventriloquis, yaitu seorang yang ahli berbicara atau bersuara sedemikian rupa sehingga seolah-olah berasal dari sesuatu atau orang lain atau bahkan bersuara dari tempat yang agak jauh. Dalam bahasa Indonesia dikenal juga sebagai ahli suara perut atau ahli sulap suara.

Seni ventriloquisme dapat digunakan antara lain untuk menghibur, mengajar, serta berpromosi. Pertunjukkan seorang ventriloquis digemari mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua karena pada umumnya dibawakan dalam bentuk komedi.

Jenis

  1. Near Ventriloquism atau suara perut jarak dekat. Suara perut jarak dekat digunakan pada saat seorang ahli suara perut/sulap suara (ventriloquis) menggunakan keahliannya untuk membuat satu (atau lebih) boneka atau benda yang berada di dekatnya untuk dapat mengeluarkan suara atau bahkan berbicara.
  2. Distant Ventriloquism atau suara perut jarak jauh. Suara perut jarak jauh digunakan pada saat seorang ahli suara perut/sulap suara (ventriloquis) menggunakan keahliannya untuk membuat suara yang seolah-olah berasal dari tempat yang jauh atau dari ruangan yang lain.

Perkembangan Di Indonesia

Seni ini masuk ke Indonesia dibawa oleh orang-orang Belanda pada saat penjajahan Belanda. Mereka kemudian mengajarkannya kepada beberapa orang Indonesia. Salah satu diantaranya adalah Almarhum Bapak Marijoen (dengan bonekanya Koko). Bapak Marijoen pada tahun 1980-an pernah mengarang sebuah buku yang membahas seni ventriloquisme.

Ventriloquis yang terkenal di Indonesia adalah Gatot Sunyoto (dengan Tongki). Ada satu yang mirip ventriloquis, ia adalah Ria Enes dengan bonekanya Susan (dikatakan mirip karena Ria Enes lebih sering terlihat bergerak bibirnya pada saat Suzan berbicara).

Seni ventriloquisme belum berkembang pesat di Indonesia. Walaupun demikian ada beberapa orang ventriloquis yang senantiasa berupaya untuk menggunakan kemampuannya ini. Mereka tinggal di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Kebanyakan dari mereka belajar secara otodidak. Beberapa ventriloquis yang terkenal di kota-kota tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Jakarta : Gatot Sunyoto (dengan Tongki), Anne Kartawijaya (dengan Apit) dan Ivonne (dengan Hayhay)
  • Bandung : Alm. Mr. Robbin (dengan Charlie) dan Budi HaHa (dengan Chocho, Ditto, Si Dola dan Si Ola)
  • Surabaya : Ria Enes (dengan Suzan) dan Jerry Gogapasha (dengan Pico (Burung Lucu))

Dengan semakin maraknya acara Reality Show pada tahun 2000-an di televisi, maka beberapa ventriloquis, seperti Jerry Gogapasha dan Budi HaHa, menjadi sering mengisi acara-acara di televisi. Antara lain dalam acara Gong Show, Laptop Si Unyil, Master Hipnotis, Idola Cilik, Indonesia Mencari Bakat, dll. Dengan demikian seni ini dapat lebih dikenal dan digemari oleh masyarakat Indonesia.

Salah satu Ventriloquisme

Biografi

Birth Name: Terry Fator

Born: June 10, 1965 (1965-06-10) (age 45), Dallas, Texas, U.S.

Occupations: Ventriloquist, impressionist, singer

Years Active: 1975 – Present

Terry Fator merupakan Ventriloquis pemenang acara American’s Got Talents pada tahun 2007. Dia juga menggabungkan ventriloquis dan bernyanysi, saat aksinya dia tidak hanya menghibur penonton dengan lawakan-lawakan yang ia lontarkan dengan suara perutnya, dia juga bisa menghibur penonton dengan menyanyi dengan suara perutnya (soalnya Terry Fator itu pernah gabung dengan band).

Boneka Yang Dipakai Oleh Terry

  1. Walter T. Airedale – Airedale, seorang penyanyi country, merupakan boneka terpanjangnya.
  2. Winston the Turtle meniru – Winston terinspirasi oleh Kermit si Katak. “Awalnya aku punya Kermit the Frog boneka dan aku harus (nya) Rainbow Connection bernyanyi,” kata Fator. “Ketika saya menelpon Muppets untuk melihat apakah mereka akan membiarkan saya melakukan Kermit Frog kesan (di TV nasional), mereka bilang aku bisa melakukan kesan tapi aku tidak bisa menggunakan boneka Kermit. Kebutuhan adalah ibu dari penemuan, sehingga Aku berkata, oke, aku akan melakukan penyu kesan katak bernyanyi dengan Louis Armstrong”.
  3. Emma Taylor – “Emma Taylor adalah seorang wanita yang bernyanyi dengan saya di ‘America’s Got Talent,'” kata Fator. Fator mengatakan bahwa Emma adalah “teman bonekanya yang terbaik.” “Aku agak seperti Emma. Dia benar-benar manis,” kata Fator.
  4. Maynard Thomkins – “Maynard Tompkins adalah peniru Elvis – yang peniru hanya di dunia yang tidak tahu ada lagu Elvis,” kata Fator.
  5. Julius – Julius adalah penyanyi jiwa. Orang-orang kadang-kadang awalnya terkejut oleh Julius sebagai boneka Afrika-Amerika. “Jelas, ini akan mengejutkan. Orang-orang melihat saya sedikit gugup,” kata Fator. “Tapi ketika aku mulai menyanyi, semua keberatan lenyap dan mereka menyukainya.” Julius adalah favorit ketika dia muncul di Oprah Winfrey Show. “Begitu aku dibawa keluar Julius, dia ini terlihat di wajahnya, bertanya-tanya apa yang saya lakukan,” kata Fator. “Setelah saya mulai memasuki Marvin Gaye, ia terjatuh dari kursinya”.
  6. Johnny Vegas – seorang penyanyi lounge, sering meniru Dean Martin, Tony Bennett, dll
  7. Duggie Scott Walker – diperkenalkan sebagai Fator mengganggu tetangga, ia adalah seorang pencinta musik logam berat. Loves AC / DC, Guns N ‘Roses, Lynyrd Skynyrd, dan lain-lain. Dia berpesta begitu banyak di konser dia selalu berpikir ada strobe lampu berkedip.
  8. Vikki yang Cougar – yang umur 49 tahun perempuan penyanyi, menyanyikan lagu-lagu dari Pussycat Dolls sebagai contoh. Seperti namanya berarti, ia lebih memilih kencan pria muda, antara usia 21 dan 24, saat ia mengungkapkan dalam wawancara di Las Vegas afiliasi CBS klas-TV. Vikki tampaknya ibu Duggie’s.
  9. The Beatle Kelima – Patterned setelah Paul McCartney, dia diusir dari The Beatles.
  10. Wrex – Sebuah uji crash dummy yang menyanyikan lagu-lagu bertema mobil.

Aksi Terry Di Panggung

Sumber


2 comments


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s