Janji Rasulullah Kepada Umat Kristen


Pada tahun 628 masehi (AD), sebuah delegasi dari Biara St Catherine, datang kepada Nabi Muhammad dan meminta perlindungan-Nya. Dia menjawab dengan memberikan mereka piagam hak, yang saya mereproduksi bawah secara keseluruhan.

Biara St Catherine, terletak di kaki Gunung Sinai dan adalah biara tertua didunia. Biara ini memiliki banyak koleksi naskah Kristen, kedua besar setelah Vatikan, dan adalah sebuah situs warisan dunia.

Biara ini juga menawarkan koleksi tertua ikon Kristen. Ini adalah rumah harta karun sejarah Kristen yang tetap aman selama 1400 tahun di bawah perlindungan Islam.

Janji Nabi Muhammad (SAW) kepada Golongan Kristian :

“ Ini adalah pesan dari Muhammad bin Abdullah, yang berfungsi sebagai perjanjian dengan mereka yang memeluk agama Kristen, di sini dan di mana pun mereka berada, kami bersama mereka.

Bahwasanya aku, para pembantuku, dan para pengikutku sungguh membela mereka, karena orang Kristen juga rakyatku; dan demi Allah, aku akan menentang apa pun yang tidak menyenangkan mereka.

Tidak boleh ada paksaan atas mereka. Tidak boleh ada hakim Kristen yang dicopot dari jabatannya demikian juga pendeta dari biaranya. Tak boleh ada seorang pun yang menghancurkan rumah ibadah mereka, merusaknya, atau memindahkan apa pun darinya ke rumah kaum Muslim.

Bila ada yang melakukan hal-hal tersebut, maka ia melanggar perintah Allah dan Rasul-Nya. Bahwasanya mereka sesungguhnya adalah sekutuku dan mereka aku jamin untuk tidak mengalami yang tidak mereka sukai. Tidak boleh ada yang memaksa mereka pergi atau mewajibkan mereka berperang. Muslimlah yang harus berperang untuk mereka.

Bila seorang perempuan Kristen menikahi lelaki Muslim, pernikahan itu harus dilakukan atas persetujuannya. Ia tak boleh dilarang untuk mengunjungi gereja untuk berdoa. Gereja mereka harus dihormati. Mereka tidak boleh dilarang untuk memperbaiki gereja mereka dan tidak boleh pula ditolak haknya atas perjanjian ini.

Tak boleh ada umat Muslim yang melanggar perjanjian ini hingga hari penghabisan (kiamat).

Sumber 1 | Sumber 2 | Sumber 3


11 comments

  1. menanggapi.. teks …………………………………. Muslimlah yang harus berperang untuk mereka.
    apakah betul seorang muslim harus berperang untuk mereka???
    sementara dalam ibadah saja Rosululloh sangat mengambil jarak….
    Beliau (rosululloh) tidak ingin menyerupai mereka, dengan memanggil jamaah dengan lonceng ataupun terompet…
    akhirnya dengan Adzanlah seruan panggilan sholat…
    beliau juga tidak memanjangkan kumis, melainkan memanjangkan jenggotnya…
    ingat pula… ketika ada perintah berperang….

  2. terus terang aq haqqul yakiin ada perjanjian tsb, mereka jg termasuk ahli kitab apalagi islam mgajari kt utk mlindungi minoritas n kt jg diperbolehkan mgawini/menikahi ahli kitab.

  3. Ini masuk akal, karena dalam riwayat ketika para pengikut Rasulillah teraniaya di Mekah oleh kaum kafir Quraisy, mereka diberikan petunjuk oleh Rasul untuk hijrah ke Abbisynia yang berpenduduk dan pemerintah pemeluk agama kristen dan mereka mendapat perlindungan walaupun diminta untuk diekstradisi oleh kaum kafir Quraisy dengan memberikan hadiah kepada rajanya. Episode ini ditayangkan tanggal 31 Juli’12 kemarin di film “Umar bin Chatab” yang ditayangkan MNC TV pkl 4-pkl 5 pagi. salam.

  4. saya percaya, krn Rasullullah juga memberi makan org yahudi yg buta dipasar,hingga ahir hayatnya,dan ahirnya org buta yahudi itu menjadi muslim, itulah contoh teladan Rasulullah SAW, islam yg rahmatan lilalamin, saling menghargai dan menghormati, kecuali siapapun yang memerangi islam ataupun umat islam, baik perorangan atau organisasi,maka wajiblah kita perangi yang berbuat kezaliman. ya kan.??

    • Kita harus bersikap ilmiah, perlu cek and receck apakah naskah itu shohih atau tidak, karena kita takut terjatuh pada hadist yang lain yang berbunya : barang siapa yang mengatakan atas namaku kata Rasulullah pada hal bukan dariku, maka tempatnya dineraka. Jadi perlu ditakhriz hadisnya shohih apa tidak, kalau dho’if ya nggak kepake, apalagi hadisnya mungkar.

      • Ini sdh dibahas lengkap oleh Quraish Shihab di tafsir al misbah pada romadhon kemarin. Insya Allah gak ada keraguan di dalamnya

  5. Perjanjian ini bener baget… Baru saja td di bahas oleh Kh qurais sihab.. Di metro tv.. Indahnya hidup dalam kebersamaan…
    Islam itu indah…

  6. Mana hadist atau ayat perjanjian rasulullah itu gan?saya pengen tau,biar itu bs di yakini bagi saya sebagai umat rasul da sbgai kaum muslim


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s