10 Modifikasi Hotspot Terbaik


Apakah anda sudah memaksimalkan wi-fi anda? Apakah anda mau memperkuat, memperjauh, mengamankan, mendeteksi, atau menyembunyikan sinyal wi-fi anda, inilah 10 utility dan modifikasi terbaik untuk pemakai nirkabel kuat.

1. Tingkatkan kemampuan router wi-fi anda dengan firmware DD-WRT

Perkuat sinyal, atur pemakaian bandwidth untuk aplikasi-aplikasi tertentu, ubah router tua anda menjadi sebuah repeater dan lebih lagi dengan menginstal firmware berbasis Linux DD-WRT yang dapat memberikan banyak opsi konfigurasi baru untuk router nirkabel anda. Ikuti instruksi ini.

2. Perkuat sinyal anda dengan sebuah kertas tinfoil

Apabila lokasi tinggi tetap tidak memberikan kekuatan sinyal yang memadai, video ini memperlihatkan bagaimana cara membuat tinfoil yang dibuat menjadi sebuah parabole “Windsurfer” untuk memperkuat sinyal wi-fi anda.

3. Berbagi jaringan komputer anda secara nirkabel

Berada di sebuah kamar hotel dengan sebuah koneksi internet dan dua laptop? Sambungkan sebuah laptop dan gunakan komputer tersebut untuk berbagi koneksi internet dengan dua komputer secara nirkabel. Inilah caranya.

4. Deteksi jaringan dengan NetStumbler

Aplikasi NetStumbler yang gratis dan bagus untuk Windows akan mendeteksi semua jaringan nirkabel di area anda, termasuk jaringan-jaringan yang tidak menggunakan SSID broadcasting, tidak peduli apakan mereka diberi password dan seberapa lemah sinyalnya.

5. Berhenti broadcast nama jaringan anda

Tidak mau mempromosikan jaringan anda di daerah sekitar anda? Matikan SSID broadcasting yang akan mencegah laptop tua biasa dan alat-alat lain dari mendeteksi AP anda. Seperti beberapa opsi sekuriti di atas, hal ini tidak akan mencegah pemakai dengan aplikasi yang tepat untuk melihat AP anda, hanya pemakai dengan aplikasi-aplikasi yang tepat di komputer mereka yang dapat mendeteksi AP anda.

6. Batasi MAC address

Anda dapat membatasi alat-alat apa saja yang masuk ke jaringan nirkabel anda dengan membuat sebuah daftar MAC address yang diperbolehkan untuk mengakses jaringan anda. (Media Access Control address adalah sebuah identifikasi unik untuk semua alat seperti laptop, ponsel, repeater dll). Bukalah layar konfigurasi AP anda dan masukkan daftar MAC address yang diperbolehkan menggunakan jaringan nirkabel anda (contohnya, semua komputer di rumah anda).

7. Gunakan enkripsi WPA

Sekuriti yang diberikan oleh jaringan nirkabel sama sekali tidak memadai, akan tetapi apabila AP anda lebih aman dari yang lain, para cracker jahat lebih berkemungkinan untuk tidak menyentuh jaringan anda. Kebanyakan AP menggunakan enkripsi WEP untuk mencegah dipakainya jaringan nirkabel untuk dipakai oleh yang tidak berwenang, akan tetapi WPA memberikan perlindungan yang jauh lebih baik. Untuk menggunakan WPA, di halaman administrasi situs anda, ubah cara enkripsi dan pakailah sebuah kata kunci yang panjang dan sulit ditebak.

8. Tangkap data dengan Wireshark

Anda ingin mengintip data-data yang melewati jaringan nirkabel anda? Anda dapat menggunakan Wireshark (sebelumnya bernama Ethereal) yang merupakan sebuah packet sniffer untuk melihat detil di jaringan nirkabel anda.

9. Tingkatkan jangkauan sinyal dengan sebuah repeater

Tetap tidak mendapatkan sinyal yang baik di basement? Harus menempatkan laptop anda di jendela untuk mendapatkan sinyal yang baik dari tetangga anda? Belilah sebuah repeater untuk wi-fi (atau ubah router anda sendiri menjadi repeater) untuk meningkatkan jangkauan AP.

Untuk anda yang menggunakan jaringan kabel jauh dari AP, sebuah wireless bridge (terkadang disebut konverter Ethernet) dapat digunakan untuk mengkonversi sinyal nirkabel dan menyediakan beberapa koneksi untuk jaringan ethernet.

10. Tingkatkan Jangkauan wi-fi dengan penempatan yang lebih baik.

Walaupun ada beberapa perangkat lunak maupun keras untuk memperkuat sinyal wi-fi, ada juga beberapa hal sederhana yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan jangkauan maksimal dari access point (AP) anda. NY Times mengatakan:

  • Tempatkan access point anda di tengah lantai teratas, di atas sebuah perabot karena gelombang radio menyebar dengan baik ke arah bawah.
  • Penerimaan gelombang akan lebih baik apabila sinyal tidak perlu menyebar dengan sudut yang besar, melalui tembok tebal, kaca, akuarium atau apapun logam.
  • Tempatkan komponen nirkabel jauh dari alat-alat lain yang menyebabkan interferensi seperti telepon nirkabel, microwave dan lampu halogen.
  • Ubah channel sinyal default dari AP anda (biasanya 6) untuk menghindari interferensi dengan AP milik tetangga

5 comments

  1. mas di rumah saya ndak ada hot spot tp katanya bisa dengan membeli alat. untuk menangkap sinyal wi fi. di mana saya bisa membeli dan berapa harganya

    • Anda tetap dapat menerima sinyal WiFi dengan syarat disekitar rumah Anda ada yang menyediakan fasilitas Hotspot, alat yang bisa anda gunakan untuk menangkap sinyal WiFi tersebut dinamakan Wajanholic, informasi lebih lanjut mengenai wajanholic dapat Anda dapatkan melalui paman gugel.

      Mengenai harga dapat berbeda-beda tiap penyedia🙂

  2. maaf saudara robi…
    itu bukannya khusus untuk aplikasi wi-fi linux….kalo di OS vista sepertinya tidak bisa terprogram………………
    terima kasih………………………………………………………
    wassalam…………………………………………………………
    😎


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s