Kegagalan Itu Indah


“Sesungguhnya kegagalan itu terasa menyakitkan, semata karena anda tidak faham sesuatu dari Allah di dalam kegagalan itu.”

Jika saja anda dapat memahami arti kegagalan, anda akan mengerti bahwa kegagalan itu tidaklah menyakitkan. Jika anda faham arti kegagalan, anda akan melihat adanya kelembutan Ilahi dibalik kegagalan tersebut. Karena semua adalah rahmat dan kemurahan-Nya.

Seperti yang dikatakan oleh Ibnu Athaillah, “Siapa yang menyangka terlepasnya kelembutan Ilahi atas takdirnya (yang keras) semata karena piciknya pandangan orang itu.”

“Jika Allah membukakan pintu kefahaman, maka kegagalan adalah hakikat pemberian.”
Jika anda sudah berusaha keras untuk mendapatkan apa yang anda inginkan, tapi selalu saja gagal. Anda sudah berdo’a, tapi tetap saja gagal. Jangan menyalahkan siapa pun atas kegagalan anda, karna anda sebenarnya tidaklah gagal. Janganlah berpikir kalau Allah tidak mengabulkan do’a anda.

“Terkadang Allah membukakan pintu taat Allah bagimu, dan tidak membukakan pintu suksesnya keinginnanmu. Bahkan Allah pun menentukan suatu tindakan dosa padamu, dan tindakan itu malah membuatmu sampai kehadirat-Nya.”

Jika anda selalu berdo’a kepada Allah untuk mendapatkan seorang jodoh yang rupawan, tetapi kenyataan berkata lain. Jodoh anda adalah seorang yang biasa-biasa saja. Jangan pernah berpikir kalau Allah tidak mendengar do’a anda, Allah tidak mengabulkan do’a anda, dsb. Sebenarnya, do’a anda didengar dan dikabulkan oleh Allah. Hanya saja mungkin kehendak Allah berkata lain. Allah mungkin tidak memberi anda seorang jodoh yang rupawan bak bidadari surga, tetapi Allah memberi anda harta yang berlimpah, kebahagiaan didunia, kesehatan, dsb. Itu semua agar anda bertambah taat kepada-Nya. Seperti perkataan diatas, terkadang Allah tidak membukakan pintu suksesnya keinginan anda, tetapi membukakan pintu taat-Nya bagi anda. Artinya Allah tidak menganugrahi anda seorang jodoh yang rupawan, karena mungkin jika anda mendapatkannya anda akan kurang taat kepada Allah. Sebaliknya, Allah memberikan anda harta yang berlimpah, kesehatan, nikmat duniawi, dsb. Itu semua karena anda akan bertambah taat kepada-Nya. Dengan harta yang berlimpah anda dapat bersedekah, dengan kesehatan anda dapat menjalankan shalat lima waktu, dengan diberi nikmat dunia akan menjadikan anda pandai bersyukur, dsb.

Begitu juga untuk hal-hal yang lain, anda sudah berkerja siang-malam untuk menjadi orang kaya. Tetapi anda gagal. Jangan merasa kegagalan adalah suatu hal yang menyakitkan. Positive Thinking aja ! Anda mungkin gagal menjadi orang kaya. Tetapi Allah telah menganugrahi anda sebuah keluarga yang bahagia. Mengapa ? karena jika anda berhasil menjadi orang kaya. Anda tidak ada waktu untuk mengurusi keluarga anda, anda tidak sempat melihat anak-anak anda tumbuh dan berkembang, anda tidak ada waktu mengajak anak-anak anda bermain bersama, anda tidak lagi sempat meluangkan waktu untuk shalat 5 waktu, karena anda terlalu sibuk dengan pekerjaan anda. Anda terlalu sibuk mengumpulkan harta sebanyak mungkin.

Dari beberapa buku yang telah saya baca, sebagian orang-orang kaya dunia merasakan kekosongan, di penghujung hidupnya mereka merasa uang bukanlah segala-galanya. Memiliki banyak uang justru mendatangkan banyak masalah baru, hidup mereka jadi tidak tentram. Mengapa ? karena uang bukanlah tujuan kita. Tujuan kita adalah beribadah, agar hati kita tidak terjadi kekosongan (krisis iman).

Jadi, jangan menganggap kegagalan adalah suatu hal yang patut di takuti, lihatlah sisi baiknya sebuah kegagalan. Jika anda sudah dapat melihat sisi baik sebuah kegagalan. Anda akan menyadari ada kelembutan Ilahi dibaliknya.


One comment

  1. KEGAGALAN SUATU YANG TIDAK MENYENANGKAN.
    KESUKSESAN SUATU HAL YANG KITA INGINKAN.

    MAKA KITA HARUS MENARIK RUMUS BARU DARI HAL DIATAS.
    1). KEGAGALAN MERUPAKAN SUATU PELAJARAN YANG BERHARGA YANG HARUS KITA BAYAR MALALUI DENGAN KEGAGALAN SAYA MENUJU TANGGA KESUKSESAN, KARENA KITA MENGETAHUI CELAH CELAH YANG MEMBUAT GAGAL.

    2). DENGAN KEGAGALAN KITA HARUS MENAMBAH SEMANGAT DAN POLA PIKIR BARU YANG MENUJU KESUKSESAN MELALUI RUMUS KEGAGALAN DAN KESUKSESAN

    3). DENGAN KEGAGALAN KITA MENGKOMUNIKASIKAN INFORMASI DAN PENGALAMAN YANG ADA MENJADI SUATU NILAI, SEHINGGA KEKUATAN DAN PELUANG YANG KITA PUNYA MENJADI SATU ARAH YANG JELAS, SERTA MENGUMPULKAN KELEMAHAN DAN RINTANGAN KITA MENJADI SATU VEKTOR YANG TERARAH DALAM SATU KUMPULAN , SEHINGGA MENJADIKAN ARAH KEKUATAN DAN KELEMAHAN KITA JELAS SESUAI DENGAN MODAL ATAU KEMAMPUAN YANG ADA PADA DIRI KITA.
    DIRI KITALAH YANG AKAN MENGATUR DAN MEMPERTAHANKAN DARI SERANGAN LUAR, SERTA DIRI KITA LAH YANG AKAN BERMAIN DI LINGKUNGAN LUAR SESUAI DENGAN KEKUATAN DAN KELEMAHAN YANG KITA PUNYAI.
    4). SELAMAT MENCOBA, BEKERJA, BERAMAL, DAN BEREXPERIENCE


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s