Atjeh Dalam Ilmu Etimology


menelusuri asal-usul nama suatu daerah terkadang sangat menyenangkan bahkan bisa membuat kita tersenyum sendiri atau bahkan tertawa karna banyak hal-hal unik yang melatarbelakangi nama suatu daerah. misalnya, asal-usul nama “SAMAHANI” yang terletak di daerah Aceh Besar, dahulu sewaktu Belanda berperang dengan Aceh daerah ini digunakan para prajurit belanda untuk menyimpan beberapa kekasih mereka dan mereka menamai daerah ini “SOMEHONEY”

 

Sebagian orang sepakat kalau nama itu memiliki makna atau arti, dan nama itu juga berfungsi sebagai do’a bagi pemiliknya. Misalnya,jika anda menyebut nama seorang sebut saja namanya Rahman, berarti anda telah mendo’akannya untuk agar selalu menjadi pengasih dan penyayang bagi semua orang sesuai dengan artinya dalam asmaul-husna Ar-Rahman(Yang Maha Pengasih).

 

Bagaimana dengan nama daerah yang sangat kita cintai ini, Nanggroe Aceh Darussalam, apa arti dari nama tersebut

 

Banyak persepsi yang berkembang ditengah masyarakat tentang asal-usul nama Aceh. ada yang mengetahui dan ada pula yang tidak mengetahui. “APALAH ARTI DARI SEBUAH NAMA” kata William Shakesphere seorang pujangga terkenal asal Inggris itu. Mungkin Perkataan Shakeshpere inilah yang telah membelenggu pikiran sebagian orang sehingga mereka tidak mengetahui asal-usul nama tempat ia dilahirkan dan dibesarkan. Bangsa yang baik adalah bangsa yang tidak pernah lupa akan sejarah, adat, dan kebudayaan
nya sendiri.

 

ada yang mengatakan bahwa kata Aceh itu berasal dari kata “ACHA” dalam bahasa india berarti indah, ada juga yang mengatakan bahwa kata Aceh itu merupakan Akronim dari Etnis-etnis yang berada di Aceh. Etnis itu antara lain ialah A=Arab, TJ=TJina(Cina), E=Eropa, dan H=Hindia. namun menurut tradisi melayu nama Aceh diambil dari sejenis pohon yang dinamakan “ACHI”. tapi menurut salah seorang sejarawan berkebangsaan pakistan yang bernama Allama Quadri yang pernah tinggal beberapa lama di Aceh menjelaskan bahwa nama Aceh berasal dari kata “ACHCHAY” dalam bahasa Urdu berarti “MENYENANGKAN”(NICE, FINE, …) Pernyataan sejarawan asal Pakistan ini saya dapatkan di buku Kerajaan Aceh Zaman Sultan Iskandar Muda (1607-1636) karya Denys Lombard Hal.352

 

Nama-nama daerah di Aceh memang banyak diadopsi dari nama-nama tokoh atau nama-nama tumbuhan yang banyak tumbuh di daerah tersebut.

 

Seperti daerah Ja Pakeh(Mata Ie) nama ini di ambil dari nama salah seorang ulama kerajaan Aceh yang bernama Ja Pakeh.

 

Lam Panah(Di sekitar daerah Seulimuem) Daerah ini dulunya banyak ditumbuhi pohon nangka(dalam bahasa Aceh “Panah”), sehingga dinamakan Lam Panah.

 

dan masih banyak lagi nama-nama daerah yang belum sempat saya posting di artikel ini, semoga bisa saya lanjutkan di Artikel yang akan datang. Amin.

 

Jika anda mempunyai cerita ataupun mengetahui tentang asal-usul nama suatu daerah anda bisa memberikannya disini. Atau di alamat e-mail saya di kutaradja@gmail.com.


One comment


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s